Album kompilasi siaga bencana

Jurnal Produksi Album Siaga Bencana

Category: By Hilman Arioaji
Jurnal Produksi Album Siaga Bencana

Oleh: Franki Indrasmoro (Electrified Records), 8 Juni 2008, 22:15 WIB


Fiuuhh… Setelah sekitar 3 tahun konsep kompilasi ini tertahan oleh beberapa kendala, akhirnya terwujud juga. Sekarang sudah sampai proses produksi. Beberapa band malah sudah menyerahkan master rekaman mereka kepada Electrified Records (E.R).

Album Kompilasi Siaga Bencana. Kenapa juga harus mengangkat tema siaga bencana di sini? Beberapa waktu lalu sebuah situs komunitas musik di Bali mengirimkan saya email yang berisi tanya jawab seputar proyek kerja sama antara E.R dan LIPI ini, dan salah satu pertanyaannya berbunyi demikian.

Bencana… Belakangan ini bencana datang silih berganti di negara kita tercinta ini. Kenapa bisa? Saya sendiri pada waktu itu – ketika terjadi tsunami di Aceh 2004 silam – sempat heran. Ternyata, setelah saya mempelajarinya, saya baru tahu bahwa Indonesia telah banyak mengalami bencana alam sejak dulu kala. Dan tsunami sendiri juga bukan hal baru yang kita alami. Tapi kenapa saya baru tahu? Apa iya saya sebodoh itu? Entahlah. Yang pasti ternyata bukan cuma saya yang kurang pengetahuan. Banyak teman saya yang ternyata bernasib seperti saya. Sejak kecil saya selalu diajarkan oleh guru geografi saya bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak keuntungan. Tapi kenyataannya, hidup di daerah yang dilalui oleh 3 lempeng aktif dunia, diantaranya lempang Eurasia, Australia, dan Pasifik yang selalu bergerak ini memiliki resiko besar akan gempa dan tsunami ketika pertemuan antar lempeng itu terjadi. Sedangkan karena kita semua karena tidak pernah mengerti akan hal itu, otomatis tidak dibekali pengetahuan bagaimana cara menyikapi sebuah bencana ketika ia tiba. Hanya ketakutan saja yang menghantui. Sejak saat itulah saya berpikir bahwa kita semua harus tahu apa yang mesti kita lakukan bila ada bencana.

LIPI punya program Siaga bencana yang menurut saya bagus sekali. Mereka sering mengadakan workshop ke daerah-daerah rawan bencana dengan mengajak artis-artis dan public figures. Dan E.R punya kemampuan yang bisa turut membantu mereka membangkitkan awareness masyarakat lewat musik. Kenapa nggak bikin sesuatu yang berguna? Dari situlah ide album kompilasi Siaga Bencana ini timbul.
 

1 comment so far.

  1. Anonymous June 25, 2009 at 1:27 AM
    produk siaga

Something to say?